Kamis, 21 Maret 2013

Sumpah Pemuda By Salim Note


Semangat Sumpah Pemuda ke-84


1928 - 2012
Semangat Sumpah Pemuda ke-84
Sumpah Pemuda adalah suatu momentum penting bagi sejarah kemerdekaan Indonesia. Karena bagi bangsa Indonesia sendiri Sumpah Pemuda ialah momentum penting, sekaligus bukti autentik yang menandakan bangsa Indonesia telah lahir. Dulunya naskah Sumpah Pemuda ini ditulis oleh Moehammad Yamin dalam secarik kertas yang kemudian dibacakan oleh Soegondo Djojopuspito pada momen Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 yang kemudian dipanjang lebarkan oleh Moehammad Yamin.

Hari Sumpah Pemuda yang ke-84 pada tahun 2012 akan segera tiba. Mungkinkah kita bisa memperbaiki diri sebagai kaum pemuda saat ini ? Mengingat kian waktu kabar berita Indonesia menunjukkan semakin buruknya keadaan Indonesia saat ini.

Sumpah Pemuda begitu mendalam arti bagi Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Kalimat, poin-poin dalam teks Sumpah Pemuda itu mempersatukan jiwa, semangat persatuan bagi bangsa Indonesia.

Namun, muncul kabar baru bahwa akan ditmbahkannya dua poin kalimat lagi dengan tetap mempertahankan 3 poin yang sudah ada. Dua kalimat yang ingin ditambahkan yakni berideologi satu, ideologi Pancasila, dan kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945 sesuai dengan teks aslinya.

Munculnya gagasan penambahan poin naskah Sumpah Pemuda ini beralasankan banyaknya pertikaian antar masyarakat, suku, agama, maupun politik yang membawa dampak buruk bagi bangsa Indonesia ini serta beralasan bahwa pemuda selalu memerankan penting dalam sejarah bangsa Indonesia sehingga saat ini pemuda diajak kembali untuk membangkitkan semangat dan mencintai Indonesia.

Memperingati Sumpah Pemuda ke-84 yang akan datang ini, rencananya perubahan naskah Sumpah Pemuda ini, pemuda-pemuda di Indonesia akan diajak untuk mengikrarkan naskah Sumpah Pemuda sebagai tanda semangat peringatan Sumpah Pemuda dan pemersatu bangsa Indonesia.

Semoga dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-84 ini semua kasus di Indonesia dapat terselesaikan, dan semoga bangsa Indonesia akan lebih baik untuk masa mendatang. Aamiin …
Best viewed ini 1204*768px or higher resolution | Kopizine Creative Over

1 Comment: